Senin, 21 Januari 2008

TANYA JAWAB CITA-CITA

Diasuh oleh Dream Motivator, yaitu Kak AJI DS (Ir. Yudistira S. A. Soedarsono), penulis buku Leadership Metamorfosis® (2004), DreamSMART™ for Teens (2006), dan DreamSMART™ for Parents (2007).

Bagi yang ingin berkonsultasi tentang Cita-cita dapat mengirim SMS ke 0816-90 45 84.

Tanya-Jawab pada Blog ini insyaALLAH akan di update seminggu sekali.

DreamSMARTjuga mengadakan Workshop dan Training bagi remaja dalam bidang Kepemimpinan dan Cita-cita, serta Seminar/Talk Show bagi para Remaja, Orang-tua dan para Guru.

===================

Untuk minggu ini, saya akan menampilkan sebuah kasus dari Cindy (Surabaya).

KASUS 9:

Tanya (Cindy):

Pak, kalau saya mau jadi Dosen, gimana cara daftarnya?

Aku suka pelajaran bahasa.

Jawab:

Sederhana sekali caranya. Kalau ingin menjadi Dosen, caranya harus mengambil kuliah di salah satu Perguruan Tinggi atau Sekolah Tinggi pada departemen yang sangat kamu sukai. Karena kamu menyukai bahasa, saya sarankan mengambil jurusan Sastra atau Ilmu Budaya di Universitas yang ada di Surabaya.

Nantinya, menjelang kamu lulus, yaitu pada tingkat akhir kuliah, cobalah untuk melamar menjadi Asisten Dosen untuk salah satu mata kuliah yang kamu sukai dan sangat bagus nilainya. Jika kamu diterima maka kamu akan menjadi Asisten Dosen untuk mata kuliah tersebut. Jika kamu telah lulus, kamu dapat melanjutkan sebagai Asisten Dosen tersebut dan juga mencoba menjadi dosen penuh untuk mata kuliah yang lainnya. Biasanya, Dosen senior akan sangat senang jika ada mahasiswa yang sangat pandai dengan nilai tinggi yang ingin menjadi asistennya.

Cara lainnya, setelah lulus, mendaftarkan diri menjadi Dosen di beberapa perguruan Tinggi Swasta, yang kadang-kadang membutuhkan tenaga pengajar baru. Namun, akan lebih baik jika kamu telah mempunyai pengalaman mengajar dulu sehingga kemungkinan diterima menjadi lebih besar dari kandidat lainnya.

Untuk selanjutnya, kamu harus terus meningkatkan kemampuan dengan mengikuti kuliah lanjutan di S2 dan S3. Pada suatu saat nanti, mungkin saja kamu akan menjadi Ketua Jurusan atau Dekan bahkan menjadi Rektor. Untuk menjadi Ketua Jurusan/Departemen atau Dekan biasanya harus S2. Untuk menjadi Rektor biasanya harus S3.

Jika telah menjadi Dosen, biasanya ada kesempatan untuk mendapatkan beasiswa dari beberapa penyandang dana dari luar negeri, untuk kuliah lanjutan di negara mereka. Mereka akan sangat senang jika yang kuliah di sana adalah mereka yang mempunyai jabatan/pekerjaan di Perguruan Tinggi, karena akan menerapkan dan menularkan ilmunya bagi orang banyak.

Selamat berjuang, dan sukses terus.